Minggu, 10 September 2017

FETTUCINI CARBONARA



Assalamualaikum,
.
Sarapan apa buibu? Kalau weekend, Hawa-hawa males masak, nah bisa coba bikin menu ini, gampang dan yummih...
.
FETTUCINI CARBONARA

Bahan : 
250 gr pasta fettucini
300 ml susu cair ( bila kurang kental bisa ditambah lagi dg air kaldu atau krim kental atau susu lagi)
smoked beef atau sosis atau bakso, bebas aja, iris2 sesuai selera
100 gr jamur champignon/jamur lain sesuai selera
Wortel cincang kecil2
1 buah bawang bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
oregano bubuk
olive oil/butter
1 sdm terigu 
Garam secukupnya 
50 gr keju cheddar
1/4 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya

Taburan :
Keju cheddar parut secukupnya

Cara membuat :
Rebus fettucine sampai matang (aldente), tiriskan
Siram dengan 1 sdm olive oil, supaya tidak lengket kalau pasta sudah dingin.
Panas olive oil/butter, lalu tumis bawang putih dan bawang bombay.
Setelah wangi masukkan jamur dan Wortel, lalu masukkan terigu, aduk2
Tuang susu sedikit demi sedikit.
Setelah tercampur masukkan daging asap, keju, oregano dan garam
Masak sampai mendidih dan agak mengental
Tata pasta diatas piring, siram dengan saus carbonara lalu taburi keju parut. .

KUE PUTU AYU



Assalamualaikum,
.
Bikin putu ayu sama anak2 huaaaaa, tumpah dimana2 tapi liat kuenya ayuuuuu banget jadi seneng banget. Resepnya teh @rickeindriani_ordinarykitchen, ijin tulis ya teh.
.
KUE PUTU AYU
Bahan:
125 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
100 - 125 gram gula pasir
2 butir telur
1/2 sdt cake emulsifier (optional)
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan, sobek-sobek
100 ml santan sedang
Pasta pandan, secukupnya
Kelapa parut secukupnya
Sejumput garam
Sedikit vanili bubuk
.
Cara membuat:
1. Rebus santan dan daun pandan hingga mendidih halus. Angkat dan dinginkan. Buang daun pandan. Beri pasta pandan. Sisihkan.
2. Panaskan kukusan. Kukus kelapa parut yg dicampur garam dan vanili bubuk sekitar 10-15 menit. Angkat dan dinginkan.
3. Tata kelapa parut di dasar cetakan (cetakan bisa diolesi sedikit minyak goreng), tekan dan padatkan. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir, garam dan cake emulsifier sampai mengembang, kental dan kaku.
5. Masukkan bertahap campuran terigu dan maizena sambil diayak dengan mixer kecepatan paling rendah. Masukkan campuran santan dan pasta pandan. Aduk sampai benar-benar rata. Atau bisa juga masukkan campuran terigu berselang seling dengan campuran santan, tetap dengan kecepatan paling rendah.
6. Tuang adonan ke dalam cetakan yg sudah diberi kelapa parut. Tuang hingga hampir penuh.
7. Bungkus tutup kukusan dengan serbet bersih jika menggunakan dandang biasa. Kukus kue hingga matang selama 15-20 menit. Angkat. Biarkan dalam cetakan hingga agak hangat. Keluarkan dari cetakan.
.
Note: Jika menggunakan air ekstrak pandan/perasan pandan, campur air pandan dengan santan hingga total cairan 100 ml.

Zebra Cake Putih Telur


Assalamualaikum,
.
Hasil bersih2 kulkas, ternyata masih punya stok putih telur di freezer. Sayang deh Kalau dibuang. Akhirnya dieksekusi jadi cake aja, sekalian buat kudapan sekolah. 

Zebra Cake Putih Telur
.
Bahan-bahan
250 ml putih telur
100 gr tepung segitiga (aku pake kunci)
30 gr tepung maizena
100 gr mentega, cairkan
1/2 sdt garam
1/2 sdt vanili bubuk
100 gr gula pasir
1 sdt pasta cokelat
1 sdt SP
Caranya:
Kocok putih telur, garam, dan SP dgn kecepatan sedang hingga berbusa. Masukkan gula dlm 3x tahapan. Kocok hingga kaku berjejak.
Masukkan tepung dan maizena yg sudah diayak dlm 3x tahapan, kocok dgn mixer kecepatan rendah.
Masukkan mentega cair dan vanili, aduk balik dengan spatula hingga rata. Bagi adonan menjadi 2, yg satu beri pasta cokelat.
Tuangkan ke dalam loyang yg sudah dioles mentega dan tepung tipis2 secara bergantian adonan putih dan cokelat, buat motif menggunakan sumpit 
Panggang ke dalam oven suhu 160 derajat selama 40 menit.
.
Selamat mencoba .

Banana Muffin Gluten Free



Assalamualaikum,
.
Bekal kudapan sehat dan kesukaan anak2. Banana Muffin gluten free dengan tepung @ladanglima.id. .
Banana Muffin Gluten Free
.
Bahan:
3-4 buah pisang yang sudah matang ( kulitnya berbintik hitam)
200 gr tepung @ladanglima.id 
2 butir telur
150 gr gula pasir
75 gr mentega cair
1 sdt baking powder 
1 sdt baking soda 
1 sdt kayu manis bubuk
.
Cara:
1. Haluskan pisang dg garpu.
2. Campurkan pisang dengan gula pasir, telur dan mentega cair. Aduk rata memakai whisk.
3. Campur bahan kering dan ayak: tepung terigu, baking powder, soda kue dan kayu manis bubuk ke adonan pisang, aduk rata. Asal tercampur saja, jangan sampai over mix.
4. Tuang ke dalam cup dan beri topping potongan pisang
5. Panggang dengan suhu 180'C selama 25-30 menit atau hingga matang tergantung masing2 oven.
.
Selamat mencoba

Ketupat Sayur Labu Siam


Assalamualaikum,
.
Menunya macam masih lebaran aja yah😂😂.
Tak apalaaah suka2 aja kita mah 😆.
.
Ketupat Sayur Labu Siam

Bahan :
1 buah labu siam, potong korek api 
1 blok tahu, potong dadu dan goreng sebentar hingga berkulit 
150 gr udang, kupas kulitnya
2 helai daun salam 
1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan 
1000 ml santan dari 1/2 butir kelapa atua santa instan dg 1000 ml air
minyak untuk menumis .
Bumbu Halus : 
10 buah cabe merah besar 
7 butir bawang merah 
4 siung bawang putih 
3 butir kemiri, sangrai 
3 sdt garam (atau sesuai selera) 
1 sdt gula pasir .
Cara Membuat : 
1. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam dan serai. Aduk rata. 
2. Masukkan udang, kaduuk sampan berubah warna.
3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Memasak hingga mendidih sambil diaduk sesekali agar santan tidak pecah . 
4. Masukkan labu siam, tambahkan dengan garam dan gula pasir. Masak hingga matang. 
5. Test rasa. Angkat dan siap disajikan. Penyajian bisa tambakan telur rebus.

AYAM GORENG BACEM


Assalamualaikum,
.
Soreeee, mau share masakan kemaren2. Lumayan buat stok, jadi hari ini tinggal goreng saja. Ditemani sayur lodeh dan balado teri terong. Alhamdulillah. Pakai resep Ayam Goreng Bacem mbak @isnasutanto, ijin tulis resepnya lagi ya mbak 🙏
.
.
AYAM GORENG BACEM . 
Bahan-bahan : 
1kg ayam, (aku 1 ekor ayam) 
2 lembar daun salam
1 batang sereh, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
50 gram gula merah 
2 sdm kecap manis 
1 sdt garam (sesuaikan selera)
500 ml air kelapa, (aku pakai air biasa)
2 sdm air asam jawa (dari 1 sdm asam jawa dan 2 sdm air)
Minyak untuk menggoreng 
Bumbu Halus:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih 
1 sendok makan ketumbar
. . 
Cara membuat :
Campur ayam, bumbu halus, daun salam, sereh, lengkuas, gula merah, kecap manis, garam, setengah bagian air kelapa, dan air asam jawa dalam wajan. Masak sampai meresap.Tuang sisa air kelapa secara bertahap. Masak sampai meresap.Goreng ayam dengan minyak yang dipanaskan dengan api sedang Goreng sampai kedua sisinya kecoklatan saja jangan terlalu kering. Angkat, tiriskan. Siap disajikan.
.

Kamis, 25 Mei 2017

Kari Ayam


Nyam..NYam.

Sebenernya menu kemarin terus dianget-angetin 😝. Saat malas andalan nih menunya bisa buat besoknya hihi.  Tapi ehm tambah ngresep bumbunya makin maknyus disantap. Suami suka sekali olah ayam yang berkuah seperti opor, kare, dan lainnya. Kali ini mencoba menu kari resep Mbak Hesti. Responnya positif alhamdulillah. Semua sukaaa, yess. 


Kari Ayam ( resep : @hestihhakim )
Bahan :
1 ekor ayam, potong 10 bagiin
400 ml santan kental dari 1 butir kenapa
600 ml santan encer
(Aku pakai santan instan)
1 sdt gula
1 sdm air asam
5 lembar daun jeruk purut 
3 lembar daun salam
2 butir cengkeh
1 buah serai digeprek
2 cm lengkuas, digeprek
1 batang kayu manis
4sdm minyak untuk menumis bumbu
garam secukupnya

Bumbu halos :
2 buah cabai merah besar (bila suka pedas bisa ditambah)
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 ruas lengkuas
2 ruas jahe
1 ruas kunyit, bakar
2 batang serai ambil bagian putihnya
4 butir kemiri, sangrai
1 1/2 sdm ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan sangrai
1/4 sdt pala
1/4 sdt adas
2 buah kapulaga
1/2 sdt merica

Cara membuatnya:
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan cengkeh hingga wangi. Tuang santan encer, aduk rata.
Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan garam dan gula.
Masak ayam dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging ayam sambil sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak hangus. Apabila sudah mendekati matang, tuangkan santan kental dan air asam. Masak lagi sampai mendidih.
Setelah matang, matikan api dan siap dihidangkan.