Kamis, 25 Mei 2017

Kari Ayam


Nyam..NYam.

Sebenernya menu kemarin terus dianget-angetin 😝. Saat malas andalan nih menunya bisa buat besoknya hihi.  Tapi ehm tambah ngresep bumbunya makin maknyus disantap. Suami suka sekali olah ayam yang berkuah seperti opor, kare, dan lainnya. Kali ini mencoba menu kari resep Mbak Hesti. Responnya positif alhamdulillah. Semua sukaaa, yess. 


Kari Ayam ( resep : @hestihhakim )
Bahan :
1 ekor ayam, potong 10 bagiin
400 ml santan kental dari 1 butir kenapa
600 ml santan encer
(Aku pakai santan instan)
1 sdt gula
1 sdm air asam
5 lembar daun jeruk purut 
3 lembar daun salam
2 butir cengkeh
1 buah serai digeprek
2 cm lengkuas, digeprek
1 batang kayu manis
4sdm minyak untuk menumis bumbu
garam secukupnya

Bumbu halos :
2 buah cabai merah besar (bila suka pedas bisa ditambah)
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 ruas lengkuas
2 ruas jahe
1 ruas kunyit, bakar
2 batang serai ambil bagian putihnya
4 butir kemiri, sangrai
1 1/2 sdm ketumbar sangrai
1/4 sdt jintan sangrai
1/4 sdt pala
1/4 sdt adas
2 buah kapulaga
1/2 sdt merica

Cara membuatnya:
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama sereh, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kayu manis dan cengkeh hingga wangi. Tuang santan encer, aduk rata.
Masukkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna. Tambahkan garam dan gula.
Masak ayam dengan api kecil agar bumbu meresap dengan sempurna ke dalam daging ayam sambil sesekali diaduk agar bagian bawahnya tidak hangus. Apabila sudah mendekati matang, tuangkan santan kental dan air asam. Masak lagi sampai mendidih.
Setelah matang, matikan api dan siap dihidangkan. 

Banana Sponge Cake


Assalamualaikum, sore2 ngebaking seru2an sama anak-anak. Ada sisa pisang, enak deh kalo diolah lagi. Cari-cari resep yang gampang saja. Aku pakai resep teh Ricke. Yuk yang mau cobain membuat juga. resepnya ini yaa.


BANANA SPONGE CAKE
by Ricke Indriani

500 gram pisang matang, tanpa kulit (jenis cavendish atau ambon)
50 ml susu cair, suhu ruang
4 butir telur (pakai ukuran sedang/besar)
100 gram gula pasir (-- aku 150gr)
100 gram brown sugar (-- 50gr)
1/4 sdt garam
300 gram terigu protein sedang
25 gram maizena
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
1 sdt vanilla
200 gram mentega/margarin, lelehkan
Gula halus dicampur dengan sedikit kayu manis bubuk untuk taburan (opsional)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160'C. Siapkan loyang tulban (loyang bolong di tengah) diameter 23 cm. Olesi dengan mentega/margarin dan taburi terigu tipis-tipis. Sisihkan.
2. Hancurkan pisang hingga lumat dan lembut. Campur dengan susu cair. Sisihkan. -- aku blender pisangnya 
3. Ayak terigu, maizena, baking powder dan soda kue. Sisihkan.
4. Kocok telur, gula pasir, brown sugar dan garam hingga mengembang, putih dan kental sekali.
5. Masukkan campuran pisang dan susu cair dalam 2 tahap, aduk perlahan secara merata dengan spatula.
6. Masukkan campuran tepung (terigu, maizena, baking powder dan soda kue) dalam 3 tahap, aduk merata dengan teknik aduk balik.
7. Masukkan vanilla dan mentega/margarin leleh. Aduk merata dengan teknik aduk balik hingga adonan benar-benar homogen. Jangan ada mentega/margarin leleh yang belum tercampur rata.
8. Tuang ke dalam loyang. Ratakan permukaannya. Hentakkan loyang dengan lembut ke meja 2x (untuk mengeluarkan jika ada gelembung udara yang terperangkap saat menuang adonan).
9. Panggang selama 45-50 menit hingga cake matang kecoklatan dan kokoh. Test tusuk dan test sentuh permukaannya sudah membal.
10. Keluarkan dari oven, balikkan loyang untuk mengeluarkan cake. Dinginkan. Taburi permukaannya dengan gula halus yang dicampur sedikit kayu manis bubuk (opsional). Potong-potong dan sajikan.
.

Senin, 27 Maret 2017

Ayam Bakar


Assalamualaikum, beberapa hari lalu menu Ayam Bakar plus lalap plus sambel terasi Kalo lagi malas masak. πŸ˜‹πŸ˜‹
.
AYAM BAKAR
Bahan-bahan :


1 ekor ayam, potong-potong, cuci bersih


3 lembar daun salam


1 ruas lengkuas, geprek 


1 batang sereh,  geprek

 
5 sdm kecap manis

 
2 sdm air asam jawa


300 ml air



Bumbu halus :


5 butir bawang merah


4 siung bawang putih


3 buah cabe merah 


1 sdt ketumbar


1 ruas jari kunyit


1 ruas jari jahe


Garam dan gula secukupnya



Cara membuat :


Campur ayam dengan bumbu halus, air, daun salam, lengkuas, sereh,  kecap manis, dan air asam jawa. Ungkep hingga ayam empuk dan kuah mengental, angkat, tiriskan. Bakar ayam diatas bara api/wajan anti lengket hingga permukaannya agak kering sambil diolesi dengan sisa bumbu ungkep. Sajikan bersama sambal dan lalapan.
.

Krecek


Assalamualaikum, ini menu kemarin, krecek pake resep mbak @isnasutanto.. suami sukaaa..Alhamdulillah, mbak isna ijin tulis resepnya yaa😘.
.
Krecek
250 gr kikil rebus, potong2 (Aku rebus dg sereh dan Daun salam)
100 gr kacang tolo rebus (skip)
3 bh tahu, potong dadu goreng setengah matang (Aku tidak goreng)
1 papan tempe, potong dadu goreng setengah matang ( aku tidak goreng)
95ml santan instan
Air sesuai selera
2 lbr daun salam
2 batang sereh, memarkan
1 ruas lengkuas, memarkan
10 bh cabe rawit merah
1/4 sdt merica bubuk
Garam dan gula pasir secukupnya
bahan halus :
5 buah cabai merah
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sdt ketumbar
.
Tumis bumbu, daun salam, lengkuas, sereh hingga harum. Masukan kikil, kacang tolo, tahu dan tempe. Aduk rata. Tambahkan air sesuai selera, beri garam, gula pasir dan merica bubuk biarkan sampai mendidih. Masukkan santan kental (saya pakai santan instan) dan cabe rawit utuh, aduk-aduk agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, kecilkan api masak hingga kuah mengeluarkan minyak dari bumbu. Angkat. Atau bisa juga dibuat dibuat agak sat kuahnya/nyemek2.
.
Selamat mencoba.

Nugget Ayam Wortel dan Keju


Beberapa waktu lalu bikin stok nugget untuk anak2. Resep nugget Kak @himeko.hime, hmmm enak..anak2 doyan banget. Resepnya kutulis lagi, yg mau lihat cara bikinnya bisa kepoin Kak @himeko.hime.
.
Nugget Ayam Wortel dan Keju
BAHAN:
250 gr dada ayam fillet, potong kecil, haluskan


2 sdm kanji + 1 sdm tepung roti

Garam, gula, merica


75 gr wortel, serut kasar


50-70 gr keju, parut


1 buah bawang bombay + 1 btr bawang merah + 3 siung bawang putih, parut


2 btr telur



Celupan
:

2 btr telur


Tepung roti secukupnya



Campur semua bahan (kecuali untuk celupan) aduk rata. 

Siapkan loyang brownies, oles dengan minyak.
Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit, bungkus tutup kukusan dgn lap.
Keluarkan dari kukusan, biarkan dingin, keluarkan dari loyang, potong potong.
Celurkan ke dalam telur yg sudah dikocok lepas, gulingkan ke dalam terigu.
Nugget siap digoreng atau disimpan di dalam freezer.

.

Sambal Matah



Baru kali ini bikin sambal matah, karena ga terlalu suka bawang mentah. Ini bikin bawangnya diiris setipis mungkinπŸ˜…πŸ˜….. enak ya ternyata *kemanaajabuk
.

SAMBAL MATAH
Bahan:
7 – 10 butir bawang merah iris halus
8 buah cabai rawit merah,iris halus
2 batang serai ambil bagian putihnya iris halus.
3 lembar daun jeruk purut buang tulang daun iris halus
½ sdt terasi bakar dihaluskan
1 sdm air jeruk nipis
50 ml minyak goreng
Garam secukupnya .
Cara Membuat
Campur bawang merah,bawang putih,cabai,daun jeruk,terasi,serai.Bubuhi garam. Siram Dengan minyak sayur yg dipanaskan. Lalu kucuri Dengan air jeruk nipis. Sajikan.
.

Potato Cream Soup


Ini resep potato Cream soup beberapa hari lalu. Pakai resep mbak @bundnina_kitchen, yummmiii banget deh.
.
POTATO CREAM SOUP
Bahan :
300 gr kentang kukus, haluskan
200 ml susu evaporasi atau bisa juga pakai susu cair biasa
2 sdm margarin
1 bawang bombay, iris halus
3 siung bawang putih, memarkan dan iris halus
2 wortel, potong dadu kecil
250 gr fillet ayam, cincang kasar
1 jagung manis, pipil
1 butir telur ukuran besar, kocok lepas
500 ml air kaldu
2 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1/2 sdt oregano (optional) .
Cara Membuat :
1. Blender kentang dan susu hingga halus, sisihkan.
2. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu kemudian masukkan ayam cincang. Aduk hingga berubah warna.
3. Masukkan wortel dan jagung pipil, tuang sedikit air kaldu dan masak hingga 1/2 lunak.
4. Tuang kentang dan susu, aduk-aduk dan masukkan sisa kaldu. Bumbui dengan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak hingga mengental dan mendidih.
5. Tuang telur kocok dengan cara disaring, aduk-aduk hingga berserabut dan biarkan mendidih sekali lagi.
6. Angkat dan sajikan hangat .