Selasa, 09 September 2014

Soto Ayam Lamongan

Soto menu favorit masyarakat Indonesia. Di kalangan pedagang kaki lima atau di restoran pun sering menemukan soto dalam menu. Apalagi cuaca dingin, soto pas banget jadi santapan.
Anak-anakku lagi suka makanan berkuah. Kalau aku masakkan soto lahap makannya. Ada beberapa macam soto, salah satunya soto Lamongan. Aku menemukan resep yang pas di blog mbak vania.
Soto Ayam Lamongan
(source : Primarasa Femina, Soto Nusantara)
Bahan:
1/2 ekor ayam
2.5 liter air untuk merebus
1 cm lengkuas memarkan
1 butir cengkeh
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam
2 sdm minyak goreng untuk menumis
Minyak untuk menggoreng
Bahan halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm jahe
1/2 sdt merica
2 sdt ketumbar
4 butir kemiri
2 sdt garam
Pelengkap:
150 gr tauge
50 gr suun, seduh dengan air panas tiriskan
50 gr kol
2 batang seledri
3 butir telur
1 sdm bawang putih goreng
Sambal cabai rawit
Jeruk nipis
Kecap manis
Cara :
1. Rebus ayam bersama lengkuas, cengkeh, serai, dan garam. Setelah kaldu mendidih dan ayam lunak, keluarkan ayam dari panci. Jerang kembali kaldu di atas api.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ke dalam panci kaldu. Masak terus, hingga bau langu bumbu hilang dan kuah tinggal kurang lebih 1.2 liter. Angkat, bila kurang tambahkab air mendidih.
3. Goreng ayam hingga kuning, angkat, tiriskan. Pisahkan daging ayam dari tulangnya, kemudian suwir-suwir.
4. Seduh tauge dan suun dengan air panas secara terpisah, tiriskan. Iris kol dan seledri tipis-tipis. Rebus telur hingga masak, angkat, kupas, masing-masing belah menjadi 2 atau 4.
5. Penyajian : siapkan mangkuk saji, taruh berturut-turut ayam suwir, tauge, suun dan kol. Siram dengan kuah panas. Tabur seledri dan bawang putih goreng, taruh sepotong telur rebus. Hidangkan panas dengan pelengkap sambal dan air jeruk nipis, dan kecap manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar