Rabu, 23 November 2016

Tteobokki

Tteobokki dibaca tupuki atau Spicy Korean Rice Cake, Makanan ini termasuk Korean street food. Sekarang sepertinya banyak yang menjual makanan ini. Resep ini sering mondar-mondir di instagram. Banyak yang sudah mencobanya. Sebenernya saya bikinnya sudah lama. baru sempat menuliskannya di blog. Belum pernah mencoba Tteobokki yang dijual di pasaran. Tapi menurut saya, resep ini cukup gampang dan enak. Lumayanlaah.Oh iya kalau ingin mencoba bisa mencoba setengah resep saja. Jadinya banyaaak banget soalnya.




Tteobokki

Bahan
250 gr tepung beras
2 sdm tepung sagu/ tapioka
250 ml air panas atau mendidih
1 sdt garam

Cara
1. Campur tepung beras, tapioka/ sagu, garam Dan masukkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.Jika adonan sudah kalis (tidak lengket) Dan siap di bentuk, ambil adonan sedikit Dan bentuk silinder atau bisa juga dengan memasukkan adonan ke dalam piping bag/ plastik segitiga. Potong ujung plastik Dan semprotkan seperti kita mengeluarkan pasta Gigi.
3. Rebus air hingga mendidih, masukkan adonan. Rebus hingga adonan mengapung.
4. Angkat Dan rendam sebentar di air dingin. Potong kue beras sepanjang 5 cm




Saus (by: @veronikaenzo )
Bahan:
2 siung bawang putih cincang halus
1 batang daun bawang iris halus
2 sdm bubuk cabe
2 sdm saus sambal
100ml air@m
1/2 sdt tepung maizena ditambah 2sdm air

Cara:
1. Campur air bubuk cabai Dan saus sambal, sisihkan
2. Tumis bawang putih lalu masukkan daun bawang. Masukkan campurkan saus sambal aduk rata. Lalu tambahkan larutan maizena.
3. Masukkan kue beras. Masak sebentar lalu sajikan dengan taburan biji wiken.


Kalau resep aslinya sausnya memakai Gockujang yaotu pasta cabai ala korea. Tapi saya memakai resep saus ini saja, sudah mantep deh ini. Saya juga dapat resepnya di Instagram. Rasanya asem, pedes, manis. Pas untuk camilan sore-sore atau lagi bengong-bengong cantik. Selamat mencoba ya.

2 komentar:

  1. Aku suka bgt ttobokki ini :D. Tp ga pernah bikin sendiri sih.. Kmrn2 nyoba nya di beberapa resto korea , dan rasanya beda2. Ada yg enak bgt, tapi ada jg resto yg ga gitu enak bikinnya.. Ini aku udh masukin ke list things to do di korea nanti, hrs nyobain tteobokki di jalanan :D hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah, aku malah belum nyobain aslinya gimana :))...semoga segera ke korea yaa

      Hapus