Selasa, 22 November 2016

Sauce Bolognese (Meat Sauce)

Mood masak naik turun, ada kalanya rajiiiin banget, ada juga saat-saat malasnya kebangetan. Nah untuk mengantisipasi, say sering nyetok bumbu yang awet dan diolahnya pun mudah. Spaghetti, siapa yang tidak suka. Apalagi anak-anak kan. Nah saya sering nyetok sausnya jadi tinggal dipakai ketika jam makan tiba. Ini resep yang biasa saya pakai. Bisa skip saus tomat, tinggal tambahkan rebusan tomatnya.




Sauce Bolognese (Meat Sauce)


Bahan:
3 sdm minyak goreng untuk menumis
1 siung bawang putih cincang halus
1 buah bawang Bombay cincang halus
300gr daging sapi giling
600gr tomat merah, rebus buang kulitnya dan haluskan
1/2 botol saus tomat
200gr air (aku pakai sisa rebusan tomat)
1sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt oregano kering
1 sdt daun basil kering
1 sdt gula

Cara:
Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum dan wangi. Masukkan daging cincang, tumis sampai berubah warna. Tambahkan tomat, saus tomat dan air, lalu didihkan. Bubuhi garam, merica, oregano, daun basil,gula. Masak dengan api kecil hingga mengental. Angkat dan sisihkan.




Untuk Sarapan juga bisa Bikin Macaroni panggang ala ala. Bocah2 minta bikin macaroni Bolognese Panggang. Rebus macaroni hingga matang. Lalu tumis kembali saus bolognese, kemudian campur macaroni. Aduk rata. Taruk dalam ramekin lalu taburi keju mozarela dan panggang hingga keju meleleh. Cusss set set set jadi deh.


2 komentar: