Kamis, 15 Januari 2015

LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan : Yachaejeon

LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan
"Baegopheuda...."
Hayooo apa artinya, tahu nggaak. Aku lapar. Eits aku sebenernya nggak bisa bahasa korea tapi apa gunanya mbak Gugel kalau nggak ditanyain. Nah deman Korea nggak pernah reda ya, berujung makin banyak orang yang ingin menyicipi masakan Korea. Restoran yang mewawarkan menu Korea pun makin banyak. Ada salah satu masakan Korea yang gampang banget. Namanya Yachaejeon, pancake sayur, menurutku seperti bakwan sayur. Biasanya bakwan sayur paling enak dimakan dengan bumbu kacang, sambal petis atau hanya dimakan dengan cabe rawit sudah enak banget. Oh iya sama juga dengan makanan Jepang, Okonomiyaki, makannya dengan mayones, saus okonomiyaki, dan taburan bonito. Kapan-kapan bikin ah. Bedanya Okonomiaki dan Yachaejeon ada isian daging, cumi dan udang. Makanan ini mengenyangkan, aku sukaaa satu porsi sampai habis sendiri.Untuk membuat Yachaejeon, aku menggunakan LOCK N LOCK E-Cook Deco Fry Pan. Fitur anti lengketnya, sangat membantu sekali jadi aku nggak perlu banyak menggunakan minyak. Jadi makanan isian sayur-mayur ini jadi tambah sehat.

Untuk resep aku ambil di sini. Isian sayurnya bisa disesuaikan selera dan isi kulkas. Bagian tersulit ternyata memaaang benar, saat membaliknya. Bisa juga, adonan dibagi menjadi adonan kecil-kecil jadi akan lebih mudah membaliknya.


YACHAEJEON

Bahan Pancake :
1/2 batang wortel ukuran sedang, potong korek api
1/2 buah zukini ukuran sedang, potong korek api ( ganti labu siam bila tidak ada)
1 batang daun bawang,potong korek api
1 buah bawang bombay ukuran kecil, belah dua dan rajang setipis mungkin
10 ekor udang buang kulitnya, potong-potong
2 buah cumi ukuran sedang, siangi, potong-potong sepanjang 1cm
2 buah cabai hijau besar, buang bijinya, dan potong korek api
2 butir telur kocok lepas

Bahan adonan pancake:
100 gr tepung terigu serba guna
200ml air
1/2 sdt kaldu bubuk
1 sdt garam
1 butir telur

Saus Pencelup:
1 sdm kecap asin
1 sdt cuka
150 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 batang daun bawang, rajang sehalus mungkin.
3 buah cabe rawit,tumbuk kasar
1 sdm gula pasir
1sdt minyak wijen


Cara:
  1. Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan air, Tambahkan kaldu bubuk, garam dan telur. Aduk hingga rata. Adonan yang berbentuk lebih encer, dibandingkan adonan bakwan atau pancake umumnya.
  2. Tambahkan semua sayuran dan seafood, aduk rata. Cicipi rasanya, jika kurang asin tambahkan garam. Note : Untuk seafood, bisa mencampurkan langsung ke adonan atau menatanya diatas permukaan pancake saat adonan digoreng di pan. Resiko untuk cara terakhir adalah sea food tidak mau menempel diadonan dan terlepas saat dibalik sehingga penampilan pancake agak amburadul.
  3. Siap kan LOCK N LOCK E-cook Deco Fry Pan.Olesi permukaan dengan minyak.Tuangkan setengah adonan pancake di wajan. Ratakan dengan garpu sehingga adonan menjadi tipis lebar, tekan permukaan pancake selama proses penggorengan. Ketika pancake terlihat mulai matang, tuangkan 1/2 kocokan telur ditengah pancake dan ratakan di seluruh permukaan pancake. Goreng pancake dengan api sangat kecil.
  4. Balikkan pancake, goreng sisi sebelahnya hingga matang.
  5. Angkat. Potong-potong lalu sajikan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar