Kamis, 15 Januari 2015

Indonesia Food : Pisang Ijo










Aku mengenal makanan khas Makasar baru-baru ini saja. Setelah menikah mungkin tepatnya. Duh ternyata enak-enak yaa...kemana aja aku selama ini hahaha. Ini salah satu panganan asal Makasar yang cukup sering aku buat. Ternyata bikinnya nggak seribet bentuknya. Anak-anakku sangat suka, biasanya mereka salah menyebutnya, anakku yang pertama menyebutnya "es pisang kacang ijo", ia bisa lahap banget kalau sudah makan ini. Kebetulan ada tetangga yang bersuamikan orang Makasar, hampir selalu menyediakan menu es pisang ijo kalau ada acara di rumahnya. Pernah belajar membuatnya dengan tetanggaku itu tapi pisangnya tidak pakai dadar ijonya. Namanya Palu Butung, serupa tapi tak sama dengan Pisang Ijo. Well, tapi dua-duanya menggoda. Bhay diet!!

Nah pas belanja, ada pisang raja bulu. Tring langsung yang keinget adalah bikin es pisang ijo. Untuk pembungkus pisangnya ada dua cara, dimasak/dikukus atau didadar. Aku lebih suka didadar. Kalau menurutku yang ini caranya lebih gampang. Adonannya pun nggak usah ditambahkan telur pun sudah lembut.

DADAR PISANG IJO (By Hesti's Kitchen)

Bahan:
250 gr tepung protein sedang
300 ml santan (kurang lebih)
100 ml air pandan suji
1/2 sdt garam
1 sdm margarin leleh
1 sisir pisang raja yang bagus matangnya lalu kukus

Saus (Larutkan dan masak semua bahan sampai meletup-letup)
1200ml santan dari 1butir kelapa
150 gr tepung terigu/ tepung beras (kalau mau agak encer bisa dikurangi
1/2 sdt garam
200 gr gula pasir (sesuai selera)
2 lembar daun pandan

Pelengkap: sirup pisang ambon

Cara:
  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, garam, santan, air pandan suji. aduk rata menggunakan whisk. Kalau perlu saring adonannya agar halus. Tambahkan margarin leleh, aduk rata.
  2. Bikin dadar satu persatu,langsung isikan pisang ke dalam kulit agar pisang dan kulit saling menempel. Lalu rapatkan ujungnya. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Potong-potong dan siap disajikanbersama es serut dan sirup merah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar