Rabu, 14 Januari 2015

Indonesia Food : Pepes Ikan Patin


Di komplek rumahku sedang kebanjiran ikan. Bukan banjir beneran, tapi karena ada perlombaan mancing mania, jadilah ikan berlimpah. Alhamdulillah kebagian juga meskipun nggak ikutan. Dapat 1 ekor ikan patin. Oh wait! Patin! aku belum pernah memasaknya. Katanya yang bau lumpur, agak tricky milih ikan dan masaknya. Duh masak ikan patin uda ditangan dikembalikan. Jadi deh nekat aja memasaknya. Bikin pepes katanya sih paling aman. Aku sudah beberapa kali memasak pepes ikan, tapi ikan patin belum pernah nih. Untuk pepes ini aku pakai resep disini.

PEPES IKAN PATIN

Bahan :
600 gr ikan patin (clean cut)
200gr tomat, cincang
Daun pisang secukupnya dan lidi untuk membungkus

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
7 siung bawang putih
6 buah cabe merah
4 cm kunyit
3 cm jahe
2-3 butir kemiri
6 lembar daun jeruk
Garam dan gula secukupnya

Cara:
  1. Aduk bumbu halus, potongan tomat dan potongan ikan.
  2. Bungkus setiap beberapa potongan ikan dalam 3 lembar daun pisang yang ditumpuk jadi satu, gulung dan sematkan lidi dengan rapi. Kerjakan hingga habis.
  3. Tata bungkusan pepes di cobek tanah liat, bakar di atas api kompor medium. Sambil beberapa kali dibalik hingga daun mengering dan gosong pada lapisan luarnya.
  4. Matikan api dan diamkan hingga hangat.
  5. Sajikan dengan lalapan sayur mentah atau rebus
Nina : Proses terakhir aku tidak menggunakan cobek. Bungkusan pepes ikan, aku masukkan ke dalam kukusan. Lalu Pepes ikan patin siap disajikan.






Awww..senangnyaaaa berhasil percobaan masak patin ini. Blasss nggak bau lumpur dan enaaaak. Masak pepes memang ekstra kerjanya karena bungkus membungkus tapi begitu merasakan hasilnya hmmmm nggak nyesel deh hihihi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar