Kamis, 05 Januari 2017

Sate Jamur Tiram


Waktu belanja ke Abang sayur, bingung rasanya mau masak apa. Biasa yah dilema Ibu-Ibu setiap hari. Masak apa ya hari ini, itu pertanyaan yang saya lontarkan ke suami setiap hari deh kayaknya. Jadi dia ikutan bingung deh istrinya harus masak apa.  Kalau saya sih makan menu apa saja hayuk. Nah anggota keluarga lain nih kadang suka pilih-pilih menu. Yang satu suka ikan, yang satu nggak. Yang satu doyan tempe, yang satu lagi tidak sedang ingin makan tempe.

Nah kok mereka kompak nggak suka jamur. Tapi pas melihat jamur di abang sayur kok gatel pengen beli terus diolah jadi sesuatu. 


Ketika bermain Instagram, saya suka simpan resep-resep yang entah kapan mempraktekkannya. Saya ingat pernah simpan resep sate Jamur Tiram kak @ayudiahrespati,  jadilah coba-coba olah jamur. Tanpa kasih tahu mereka kalau saya masak jamur hihi. Bikinnya relatif gampang, cuma nusukin jamurnya cukup makan waktu. Anak-anak sudah teriak lapar, harus sabar nunggu dulu.


Rasanya? Enak, seperti makan apa ya, kalau saya merasa seperti makan sate usus. Tetapi kenyalnya beda. Patut dicoba untuk variasi lauk di rumah. Yuk ini resepnya ya.


Sate Jamur Tiram
bahan:
300 gr jamur tiram belah dua, cuci bersih lalu peras hingga tidak terlalu basah
1 biji asam jawa
1/4 sdt ketumbar bubuk
2 sdm minyak untuk menumis
gula garam secukupnya

Bumbu halus:
3 buah cabe keriting
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 sdm kacang tanah yang sudah di goreng
3 butir kemiri

Pelengkap:
kecap, cabe dan bawang, jeruk limo

Cara:
Panaskan minyak tumis bumbu halus, tambahkan asam dan ketumbar. Masak sampai bumbu matang, masukkan jamur aduk rata. Masukkan gula garam. Masak hingga layu dan mengeluarkan apir. Matikan api. setelah dingin tusukan jamur ke tusuk sate, lalu bakar sambil dioles sisa bumbunya. Sajikan dengan sambal kecap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar