Kamis, 06 November 2014

Doughnut (Water Roux Methode)


Kalau uda urusan roti-rotian agak parno dikit. Lumayan sering gagal. Adonan nggak ngembang, keras jadi cuma ngiler aja liat postingan blogger lain. Mungkin memang takdirnya aku mempunyai mixer roti (yeee, ini mah alasan). 
Seorang teman yang rajin sekali membuat roti, sering share di Path tentang rotinya. Awalnya ngebayangin lengannya kayak apa ngulenin adonan terus hihi. Rahasianya adalah Tangzhong!! jadi menguleni adonan nggak sesulit biasanya. 
Apaan itu Tangzhong? 
Aku menemukan penjelasan tentang Tanzhong di sini. Ini dariTangzhong atau Water Roux Methode adalah membuat adonan pasta yang diyakini bisa lebih banyak mengikat air dan membuat tekstur roti lebih lembut.

Aku mencoba membuat donat dengan resep ini. Benar! donatnya menjadi lembut meskipun tidak menggunakan kentang. Biasanya donat kentang menjadi andalan untuk mendapatkan donat yang lembut.


Bahan Water Roux / Tangzhong :
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air

Bahan Utama:
1 sdm ragi instant (17 gr)
50 ml air hangat
1 sdt gula pasir
200 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu protein sedang
1 sdm gula pasir
2 sdm susu bubuk
3-5 sdm air hangat (jika diperlukan saja)
50 gr margarin
gula donat untuk taburan

Cara pembuatan :
  1. Water Roux : campur terigu dan air diaduk sampai licin. Nyalakan api kecil dan aduk sampai sedikit mengental. Segera matikan api dan biarkan dingin sambil ditutup supaya tidak berkulit.
  2. Campur ragi instant, air hangat, 1 sdt gula pasir biarkan selama 15 menit hingga berbuih.
  3. Campur kedua macam terigu, 1 sdm gila pasir, dan susu bubuk, aduk rata. Masukkan adonan water roux dan larutan ragi instant.Uleni sampai menggumpal, bila terlalu kering tambahkan air, bila terlalu lembek tambahkan terigu. Masukkan margarin, uleni sampai kalis.
  4. Fermentasi adonan sampai mengembang selama 45 menit.
  5. Siapkan baki atau loyang bertabur terigu. Kempiskan adonan, bentuk bulat-bulat dan letakkan di atas baki/ loyang. Fermentasi lagi selama 90 menit supaya mengembang (jika adonan sebelumnya disimpan di kulkas, waktu 90 menit ini untuk mengembalikan adonan ke suhu ruangan)
  6. Panaskan minyak yang cukup banyak diatas api kecil.Lubangi bagian tengah donat, segera masukkan ke dalam minyak dan goreng dengan diputar-putar menggunakan sumpit agar donat bisa membulat bentuknya. Gunakan api kecil agar matang sampai ke dalam dan donat tidak gosong.
  7. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin sajikan dengan gula donat atau toping sesuai selera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar