Kamis, 25 Februari 2016

Food Photography : Memfoto Pakai Kamera Hape

Saat ini siapa sih yang tidak mempunyai handphone. Seakan menjadi kebutuhan pokok seperti pangan. Bisa-bisa mati gaya bahkan kalang kabut kalau handphone ketinggalan di rumah. Ya nggak sih? Handphone bukan menjadi barang mahal karena setiap lapisan masyarakat sudah banyak yang "megang hape". 

Buat kamu apa sih guna handphone selain komunikasi?jawabannya selfie mungkin ya. hahaha. Selfie adalah skill manusia abad ini hihihi. Jadi ketika membeli hape pastilah akan memilih-milih jenis kamera pada handphone tersebut. 

Selain selfie, orang-orang banyak membagi foto makanan ke media sosial. Entah hasil masakan atau mereka sedang makan di suatu resto. Lagi-lagi kamera menjadi pendukung hasil foto. Tapi bagi yang hanya bermodal kamera handphone, jangan sedih. Sebenarnya kamera hape pun dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan foto yang keceh dan menggiurkan.




Saya mau berbagi pengalaman memoto dengan hape. berikut ini beberapa hal yang menjadi perhatian saya ketiga menggunakan kamera hape:

Pertama, yang pasti mengenali kamera hape. Tak kenal maka tak sayang, kata pepatah. Ibaratnya kalau mau perang harus kenal senjata kita seperti apa. Hape saya misalnya, untuk mendapatkan fokus suatu objek, menekan agak lama pada objek. Hasilnya objek yang mau ditonjolkan jadi lebih fokus. Lalu bisa main "bokeh" atau efek blur dibelakang objek. Meskipun hasilnya tidak semaksimal kamera. Saya juga bisa mengatur cahaya yang ada disekitar objek. Kalau di hape saya, ada gambar matahari jadi tinggal dinaikkan atau diturunkan. Intinya kenali kamera hape masing-masing, jadi memudahkan kita menghasilkan foto yang bagus.

Kedua, mengenali arah cahaya. Cahaya yang berlimpah mendukung banget mendapatkan foto yang bagus. kalau bisa foto dekat jendala atau pintu atau tempat yang mendapatkan cahaya yang banyak. Oh iya, saya biasanya hanya menggunakan natural light atau cahaya matahari.

Arah cahaya dari sebelah kanan. lokasi saya mengambil foto ini dekat pintu yang terbuka lebar.

Arah cahaya dari depan. Lokasi saya mengambil foto ini dalam ruang kamar yang gelap. Satu-satunya sumber cahaya dari jendela kamar.
Ketiga, unsur yang membantu mendapatkan foto yang bagus adalah properti. Seperti foto dibawah ini. Objeknya dessert lucu, properti pendukung bunga, alas foto, mangkuk dan sendok. Nah pintar-pintar memadukan properti sehingga foto jadi "enak diliat".

Keempat, aplikasi editing foto di hape. Instal aplikasi editing photo di hapemu. Bisa dengan instagram jadi bisa langsung diupload di akun. Bisa juga dengan VSCO, Snapseed, Photoshop Express dan lain sebagainya. Bermain-mainlah dengan aplikasi ini karena sangat membantu fotomu jadi keceee. 

Kelima, rajin-rajin berlatih. Semakin sering memotret, insting mendapat foto yang keceh akan semakin terbentuk. Bahkan kita bisa menemukan style foto ala kita seperti apa. 

Nah semoga membantu ya beberapa hal di atas. Jadi dengan hape pun kita bisa jadi Food Photographer ala-ala hihihi. Foto-foto saya di atas diambil dengan hape dan ini beberapa foto-foto yang menggunakan hape juga. Beberapa bisa dilihat di akun IG saya @nina2kurnia, follow yaaaaa.










46 komentar:

  1. Wuih cakep foto-fotonya.
    Thanks ilmunya, mau kupratekkan biar fotoku jadi bagus :)

    BalasHapus
  2. Bagus mba ^^ suka yg alas wood ituu..nanti main2 ke ignyaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak suciati. Samaaa aku juga suka alas wood :)

      Hapus
  3. Bookmark, buat bahan belajar saya.
    Secara suka motret pake hape tapi nggak kece-kece.
    Makasih sharingnya mba, salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mbak ety, selamat mencoba tipsnya ya. Makasi sudah mampir :)

      Hapus
  4. Makasih ya sharingnya, praktekin ah. :)

    BalasHapus
  5. soal alas itu menunjang banget ya mak. ada tips khusus mak? saya biasanya pake kertas putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alas putih biasanya saya pakai kain atau papan dicat putih. Menunjang banget mak. Sekarang banyak yang jual alas foto lipat nah itu juga bisa diberdayakan.

      Hapus
  6. Ilmu yang bermanfaat nih.. Saya juga seringnya buat foto dari hape..hi..hi.. Makasih ya..
    Salam kenal mak :)

    BalasHapus
  7. Toss Mak, saya juga semua poto pake henpon. Done follow ya Mak, folbek juga IGku di @rotundf dan @dapurotun yaa..makasih^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kadang kamera, kadang henpon mak. Tapi henpon lebih praktus sih ya. Done follow ya mak. makasih dah mampir :)

      Hapus
  8. Toss Mak, saya juga semua poto pake henpon. Done follow ya Mak, folbek juga IGku di @rotundf dan @dapurotun yaa..makasih^^

    BalasHapus
  9. Aku pun pakai hp tapi blom mahir bngt, makasih tipsnya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mencoba ya mak. Makasih udah mampir :)

      Hapus
  10. Makasih tipsnya mbak, fotonya bagus-bagus ^^

    BalasHapus
  11. makasih share ilmunya mbak, bagus2 fotonya :)

    BalasHapus
  12. Bagus2 banget fotonya.. Aduh, again i have to say, kalo orang udah punya sense of art mah, mau pake hape butut juga fotonya tetep bisa bagus..hehehe..

    BalasHapus
  13. fotonya bagus2.trima kasih sharingnya.

    BalasHapus
  14. Mba, apa ini juga berlaku kalo motret makanan di restoran? hehe kan kesannya alay Mba kalo kita foto" makanan di restoran hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku banget mbak, beberapa foto di atas, fotonya pas makan di resto. hihihihihihi.

      Hapus
  15. Fotonya cakep2. Tips nya oke. Nanti dicoba biar fotoku tambah cakep.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba mbak. Makasih uda mampir ya

      Hapus
  16. duh fotonya bagus2 banget, kereen

    BalasHapus
  17. Wih cantik-cantik Mak fotonya, mau dicoba ah tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Tia, silahkan dicoba ditunggu foto2 kerennya.

      Hapus
  18. Cakep2 fotonya, selain gadget didukung properti ya mb. Thanks bgt nih sharingnya

    BalasHapus
  19. wah tipsnya mantep! aku selalu motret pake hp. sayang, sering terburu2 mulu krn mau ngerjain yg laen. kudu telaten n tekun berlatih lg.
    ig-nya barusan kufollow. igku @innariana. join kompakers depok ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba mbak, iya aku join kompakers depok :)

      Hapus
  20. Cakep ini foto-fotonya. Aku juga pake hp kalo motret tapi feelnya belum maksimal euy. Makasih tipanya ya, mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Efi , Makasi sudah mampir ya

      Hapus
  21. Sama mak.. aku cuma foto pake smartphone aja, itu juga cuma 13Mpx. Settingannya biasa aja, pake auto :)). Saya sangat bergantung pada pencahayaan alami. Ngedit2 juga gak seberapa jago, jadi lbh ke white photography dibanding yang dark. Hidup itu sudah 'gelap', foto gak usah ikut-ikutan lah :)) *padahal bilang aja males ngedit*

    Mampir ke IG aku juga ya mak @vitamasli ( sekalian promosi)

    BalasHapus
  22. Makasih tipsnya mak. Sy masih blajar motret pk hp. Kalo efek bokeh itu di aplikasi pict art bukan? Foto2 diatas ini ada diedit pake aplikasi lagi gak?

    BalasHapus
  23. foto-fotonya keren gak keliatan kalo aslinya diambil via ponsel ya mbak. Good job
    @cputriarty

    BalasHapus
  24. Nina bagus2 fotonya, ajarin donk :D

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
  25. Keren Maaakk foto-fotonya. Yang agak susah menurut aku adalah ngatur cahayanya. Best moment itu di pagi hari jam 9-10 menurut aku. Aku biasanya capture hasil masakan aku. Naahh masalahnya aku kadang baru selesai masak nya itu siang, jadi begitu masakan jadi, cahaya mataharinya udah ilang. Hahahaha

    BalasHapus
  26. wah.. keren banget maak :-D, salim

    BalasHapus
  27. alaupun pakai kamera hape tapi tetep cantek kak fotonya

    BalasHapus